ENEOS X PRIME

ENEOS X Prime adalah oli mesin premium terbaru yang dikembangkan oleh ENEOS, Perusahaan Oli No. 1 di Jepang, dengan menggunakan teknologi terdepan dan dikembangkan bersama perusahaan otomotif besar.

Standar API SP / ILSAC GF-6 yang sudah diimplementasikan pada ENEOS X PRIME semakin meningkatkan standar kualitas oli ENEOS. Penggunaan ENEOS X PRIME pada kendaraan, membantu penghematan bahan bakar, mencegah terjadinya Low Speed Pre-Ignition (LSPI), dan peningkatan ketahanan terhadap keausan rantai.

Memberikan pengalaman berkendara yang jauh lebih nyaman, mesin menjadi lebih halus dan senyap dengan performa akselerasi yang lebih baik.

Indeks Viskositas (VI) ENEOS X PRIME juga melebihi angka rata-rata Indeks Viskositas produk oli sejenis, yakni 226 untuk ENEOS X PRIME SN/SP GF-6  5W-30 FULLY SYNTHETIC dan 218 untuk ENEOS X PRIME SN/SP GF-6  0W-16 FULLY SYNTHETIC.

Indeks viskositas merupakan angka yang menunjukkan kualitas dari ketahanan viskositas pelumas terhadap perubahan suhu. Semakin besar angka indeks viskositas maka semakin bagus pula kualitas pelumas tersebut.



3 Fitur Utama ENEOS X PRIME

1. Kenyamanan Berkendara

ENEOS X PRIME dikembangkan dengan berfokus pada “kenyamanan berkendara”, yang merupakan keunggulan unik dari ENEOS X PRIME. Teknologi pencampuran aditif yang unik telah merealisasikan pengurangan gesekan yang signifikan serta mengurangi kebisingan dan getaran pada mesin.

Hasil uji kebisingan dan getaran mesin dilakukan pada ENEOS X PRIME dan menjadi standar evaluasi produk. 

a. Perbandingan ketahanan gesekan oli mesin

b. Hasil uji kenyamanan berkendara dengan menggunakan mobil yang sebenarnya

Catatan: Uji coba berdasarkan perbandingan dengan produk konvensional kami (dengan tingkat viskositas yang sama) API SN/RC ILSAC GF-5. Performa dapat berubah tergantung pada kondisi penggunaan dan tingkat viskositas.

2. Efisiensi Bahan Bakar

ENEOS X PRIME mengejar peningkatan lebih lanjut dalam hal efisiensi bahan bakar. Dibandingkan dengan produk konvensional kami (dengan tingkat viskositas yang sama) API SN/RC ILSAC GF-5, kami telah mencapai efisiensi bahan bakar maksimum 2% untuk mobil penumpang.

a. Hasil uji demonstrasi efisiensi bahan bakar dengan menggunakan mobil yang sebenarnya

      • Tes mobil tipe A (Sedan) Tes mobil aktual (WLTC Mode)

3. Performa Akselerasi

Performa akselerasi juga telah ditingkatkan dengan mengurangi gesekan mesin secara signifikan, sehingga memaksimalkan performa berkendara mobil. 

a. Hasil uji demonstrasi akselerasi menggunakan mobil yang sebenarnya

Catatan: Dibandingkan dengan produk konvensional kami (dengan tingkat viskositas yang sama) API SN/RC ILSAC GF-5. Performa dapat berubah tergantung pada kondisi penggunaan dan tingkat viskositas.

Keunggulan Standar API SP / ILSAC GF-6

1. Peningkatan Kinerja Efisiensi Bahan Bakar

Memenuhi tingginya tuntutan efisiensi bahan bakar dari produsen mobil, ENEOS telah meningkatkan standar efisiensi bahan bakar pada produk ENEOS X PRIME. Dibandingkan dengan oli bersertifikasi GF-5, GF-6A dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar sebesar 1%.

2. LSPI: Low Speed Pre-Ignition

Pesatnya pertumbuhan Teknologi Gasoline Direct Injection (GDI) dan Turbocharged Gasoline Direct Injection (TGDI) menghasilkan tenaga berspesifikasi tinggi dan efisiensi. Menghadapi tantangan densitas tenaga mesin yang lebih besar, suhu mesin yang lebih tinggi, dan tekanan mesin yang meningkat, menjadikan kinerja oli pada mesin lebih keras dari sebelumnya.

Low-Speed Pre-Ignition (LSPI) adalah kondisi dimana terjadinya pembakaran abnormal pada mesin DGI dan TGDI saat mesin berakselerasi dengan cepat di RPM rendah. Dalam beberapa kasus saat terjadi LSPI, piston retak dan mesin mengalami rusak parah. 

Seiring dengan berlanjutnya tren miniaturisasi mesin dan injeksi langsung, kasus LSPI cenderung lebih mudah terjadi pada mesin mobil yang memiliki kondisi idle. Menanggapi kondisi tersebut, ENEOS X PRIME dirancang secara khusus dan dapat mencegah kemungkinan terjadinya kondisi LSPI.

3. Ketahanan Aus Rantai

Mobil baru biasanya dilengkapi dengan rantai timing. Pada mesin GDI dan TGDI, rantai ini bekerja dalam kondisi yang lebih ekstrim daripada mesin konvensional.

Peningkatan kontaminasi jelaga dan beban yang lebih berat, dikombinasikan dengan rendahnya viskositas pelumas yang digunakan, dapat menyebabkan peningkatan keausan pada rantai dan kerusakan mesin. 

Pada mesin injeksi langsung, pencampuran jelaga yang dihasilkan setelah pembakaran mempengaruhi keausan rantai timing. Standar API SP / ILSAC GF-6 ini mensyaratkan kinerja pencegahan keausan rantai.

Poin-poin penting dari standar API SP /  ILSAC GF-6

Oli Mesin ENEOS X Series

ENEOS X Series menyatukan teknologi canggih dan standar spesifikasi kualitas tertinggi dalam oli mesin premium yang diformulasikan khusus untuk mobil-mobil generasi terbaru. Jajaran produk baru dalam lini produk ENEOS ini memenuhi standar emisi dan penghematan bahan bakar tertinggi, memperpanjang usia mesin dengan mengurangi kandungan sulfur dan membantu mencegah terjadinya Low Speed Pre-Ignition (LSPI).

Index viskositas produk ENEOS X PRIME

Oli Motor ENEOS X Series mewakili filosofi perusahaan dalam mengembangkan teknologi baru dengan performa tinggi dan ramah lingkungan.

 

Download PDF Press Release ENEOS X Prime

Press Release

Siaran Pers

Download Brosur ENEOS X Prime

Download Disini

Bergabunglah menjadi Mitra ENEOS

ENEOS adalah merek No.1 di Jepang dan selalu menghasilkan produk oli dengan kualitas terbaik. Kami mencari rekanan yang siap bekerja sama untuk selalu hadir memenuhi kebutuhan konsumen. Ingin bergabung sebagai mitra? Silakan klik tautan untuk mengisi formulir dan rasakan manfaat menjadi bagian dari keluarga kami.